Situs informasi berita teknologi Gadget serta info Tips dan Trik Teknologi Terbaru.

Wednesday, November 9, 2016

Berikut Solusi Cerdas Cara Mengatasi Laptop Hang


Sering sekali kita mengalami hang pada laptop bahkan gadget yang sering sekali kita gunakan. Hal ini terkadang menjengkelkan karena terkadang kita berpikir bahwa itu merupakan loading yang agak lama merespon namun ternyata sistem tidak merespon dalam waktu yang sangat lama. Pembaca artikel sekalian, hang pada laptop anda ini disebabkan oleh beberapa factor yang tanpa sadar rentan terjadi apabila laptop anda jarang diperhatikan.Cara mengatasi laptop hang dapat dilakukan berdasarkan penyebabnya. Berikut adalah pejelasannya!

Penyebab laptop hang yang pertama adalah infeksi virus computer. Virus yang menyebar bisa menghapus boot sector dari hard drive sehingga program tidak bisa berjalan. Cara mengatasi hal ini agar laptop tidak sering hang lagi adalah dengan rutin membersihkan laptop anda dari virus. Dengan menggunakan antivirus terbaik, file yang terinfeksi akan disimpan di file DAT. File ini harus diperbaharui secara rutin agar virus idak ekmbali menginfeksi.

Selanjutnya adalah dengan menekan tombol ctrl+alt+delete secara bersamaan.Hal ini bertujuan untuk menutup program yang berjalan namun tidak digunakan. Terlalu banyaknya program yang berjalan juga bisamenyebabkan laptop hang. Cara mengatasi laptop hang yang selanjutnya adalah dengan merawat hardisk dengan benar. Hardisk yang error, trfragmentasi atau sudah lama bisa menjadi penyebab laptop sering hang. Kamu bisa upgrade kapasitas hardisk laptopmu, melakukan defragmentasi secara rutin, membersihkan hardisk dari debu dan kotoran.

Cara manualnya bisa dilakukan dengan klik kiri pada Local Disk C pada windows exploler kemudian pilih properties, pilih tools, lalu pilih check now. Kemudian centang bagian ‘scan for and attempt recovery of bad sector’ lalu pilih start. Cara yang terakhir biasanya dilakkan karena masalah koneksifitas internet. Coba kamu lepas dan pasang lagi kabel RJ45 ke LAN Card, kemudian restart switch, lalu gunakan program Post Scanner untuk melihat paket data apa saja yang keluar dan masuk laptop kita sehingga kita bisa tau dan memutuskan yang tidak penting supaya laptop tidak hang karena koneksi internet. Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan saat laptop nge-hang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berikut Solusi Cerdas Cara Mengatasi Laptop Hang

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.